Infrastruktur Cloud Bagaimana infrastruktur cloud kami melayani kebutuhan Anda

Cloud dirancang dan dibangun untuk memenuhi kebutuhan layanan server dengan fleksibilitas, skalabilitas dan kehandalan yang tinggi. Dengan penerapan teknologi cloud terkini, maka infrastruktur kami mampu menyajikan fitur auto failover dan disk duplication untuk menjamin kestabilan operasional sistem.

Arsitektur Cloud

Di bawah ini adalah gambaran sederhana arsitektur cloud kami.

onapp-network

Tentang Cloud

Sepintas dapat kami informasikan tentang teknologi cloud adalah dimana beberapa atau sekumpulan server disatukan guna melayani kebutuhan pengguna. Dengan penggabungan beberapa komputer menjadi sebuah sistem yang handal, tentunya kemampuan dalam merespon beragam kebutuhan komputasi pun akan meningkat.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami konsep teknologi cloud, dalam konsep server tradisional sebuah server hanya dapat memenuhi permintaan dari pengguna sebatas resources yang dimiliki oleh server tersebut. Keterbatasan kapasitas dan memori untuk operasional pastinya akan terbatas. Hal itulah yang dijawab oleh teknologi cloud dengan penggabungan beberapa server menjadi sebuah sistem yang memungkinkan resources tidak terbatas serta keunggulan lainnya.

Konsep & Keunggulan Cloud

Dibagian ini akan kami jelaskan secara singkat cara kerja Cloud dibandingkan layanan hosting tradisional. Pada konsep hosting tradisional yang saat ini masih marak digunakan oleh banyak penyedia layanan, aplikasi server dan data klien berjalan secara mandiri di tiap server. Setidaknya dalam 1 dekade terakhir konsep ini dipandang baik dan masih terus digunakan sampai saat ini.

Konsep Tradisional : Beberapa kendala umum dari konsep tradisional muncul saat terjadi gangguan fungsi salah satu atau beberapa periferal di server, sebut saja kegagalan fungsi hard disk drive di server sebagai contohnya. Meskipun penyelamatan data dapat menggunakan cara restorasi backup dari HDD lainnya, jaminan ketersediaan data kondisi terkini atau terakhir tidak dapat dipenuhi.

Disamping itu selama proses restorasi berlangsung juga terdapat downtime, dimana layanan dan data di sisi server belum bisa diakses secara global. Proses pun akan membutuhkan waktu lebih lama karena bergantung pada besarnya data atau jika berlangsung antar server.

Contoh kasus lain yang dihadapi konsep tradisional adalah keterbatasan resources si server itu sendiri, sehingga memungkinkan terjadinya penggunaan resources mendekati atau mencapai limitasinya. Dengan kata lain performa si server akan menurun atau berbanding terbalik dengan perkembangan kebutuhuan dari klien.

Konsep Cloud : Menggunakan layanan Cloud maka Anda akan terbebas dari gambaran kendala di atas. Dengan penggabungan beberapa resources server [hypervisor] menjadi satu, maka resources dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta dapat diubah sewaktu-waktu tanpa harus menonaktifkannya terlebih dahulu. Perlu kami sampaikan pula bahwa resources server akan dialihkan secara otomatis tanpa masa downtime yang berarti jika salah satunya mengalami kendala [auto failover].

Kendala di sisi media penyimpan pada contoh di atas pun terjawab oleh layanan Cloud dengan penerapan redudansi data di beberapa media penyimpanan berbeda [cloud storage]. Ini artinya saat terjadi gangguan di salah satu disk, maka data Anda tetap dapat diakses melalui disk lainnya tanpa downtime.

Dibalik Teknologi Cloud

Setelah mengetahui keunggulan utama layanan kami pada bahasan di atas, di bagian ini kami informasikan pula beberapa komponen penting yang diusung oleh ArdhCloud.

  • Hyper VisorSebagai penyedia utama resources layanan kami, maka beberapa server builtup telah kami sediakan untuk memperkuat Cloud. Penggunaan multiple PSU sebagai pemasok listrik, multiple prosesor server terkini, memori internal server tidak kurang dari 128GB adalah gambaran periferal yang kami sematkan untuk tiap server. Dengan begitu kebutuhan akan resources server tidak perlu dikhawatirkan lagi.
  • StorageSebagai media penyimpanan utama layanan kami, performa tiap disk pun menjadi pertimbangannya. Dukungan I/O, kecepatan dan kapasitas tinggi kami sajikan untuk komponen ini. Teknologi media penyimpanan terkini seperti SATAIII, SAS dan SSD kami kombinasikan sedemikian rupa guna kelangsungan baca-tulis data dengan kualitas terbaik.
  • NetworkTidak kalah pentingnya dengan kedua komponen di atas, di sisi jaringan internal kami mengusung teknologi berbasis 10Gbit. Menggunakan kartu jaringan dan switch yang dikhususkan untuk mengakomodasi teknologi cloud agar transfer data dapat berlangsung dengan cepat.
  • SoftwareBerbekalkan ketiga komponen fisik di atas kami gunakan pula aplikasi yang juga didesain untuk teknologi cloud. Adapun panel aplikasi berbasis situs kami sediakan guna manajemen infrastruktur Cloud, sehingga pengaturan dan pemantauan dapat dilakukan secara realtime.

 

Untuk Order and Quotes Cloud Hosting Silakan Contact @





Your Name (required)

Your Email (required)

Subject

Your PROJECT Message

 

High Availability Garansi kualitas terbaik dengan high availability

High Availability

Juga merupakan benefit yang dapat Anda peroleh saat menggunakan Cloud karena mendukung uptime sistem agar senantiasa selalu terjaga. Hal ini dimungkinkan karena fitur auto failover, dimana Cloud akan secara otomatis memindahkan sistem Anda ke hypervisor lain jika yang saat ini digunakan sedang mengalami kendala atau gangguan. Pemindahan sepenuhnya berjalan secara otomatis dan tanpa downtime yang berarti.

Fitur high availability tidak akan Anda jumpai di layanan dengan konsep tradisional karena tiap sistem berada di server mandiri. Dengan begitu saat terjadi gangguan teknikal di sisi server, maka semua services di dalamnya pula dipastikan tidak dapat beroperasional. Ditambah lagi proses perbaikan umumnya membutuhkan waktu yang relatif lama, entah karena periferal pengganti tidak tersedia atau sebab lainnya.

 

Cloud Hosting – High Availability

FOR ORDER AND QUOTE @





Your Name (required)

Your Email (required)

Subject

Your PROJECT Message